Apakah yang dimaksud KOMUNITAS ?

Mungkin ada yang bertanya, Apakah yang dimaksud  KOMUNITAS ? menurut (Wikipedia) Komunitas adalah 
Sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama."


Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". (Wenger, 2002: 4). Menurut Crow dan Allan, 

Komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen:
  • Berdasarkan Lokasi atau Tempat
Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat dimana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis.
  • Berdasarkan Minat
Sekelompok orang yang mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama, misalnya agama, pekerjaan, suku, ras, maupun berdasarkan kelainan seksual.
  • Berdasarkan Komuni
Komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri.


Berdasar beberapa referensi diatas bisa disimpulkan, bahwa komunitas adalah sebuah kelompok/sekumpulan orang yang berkumpul/bergabung karena adanya kesamaan ketertarikan terhadap sesuatu misalkan seperti para pecinta Yamaha RX-King dan generasi terdahulunya, orang-orang bersatu karena kesamaan cinta terhadap sesuatu yaitu sepeda motor, sudah tidak bisa dibilang Hobby lagi, tetapi Cinta.. Karena kepedulian sipemilik motor seolah melebihi cinta terhadap diri sendiri.. Percaya?? Percayalah..

Comments

Popular posts from this blog

Warna Kabel CDI Yamaha RX King

Pengertian Waktu Pengapian/ Timing Ignition

MODIFIKASI SISTEM PENGAPIAN PLATINA PADA YAMAHA RX100 JADI CDI AC MENGGUNAKAN PULSER